Previous Next

Prodi PGSD UMK Targetkan Akreditasi Unggul Pada Asesmen Lapangan LAMDIK

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muria Kudus (UMK) melakukan Asesmen Lapangan Akreditasi pada tanggal 27-28 Maret 2024. Asesmen Lapangan tersebut dilakukan oleh dua orang asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) yaitu Asesor I, Dr. Udik Budi Wibowo, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta) dan Asesor II, Dr. Widya Karmila Sari Achmad, M.Pd. (Universitas Negeri Makassar).  Kedua asesor disambut dengan hangat di ruang VIP Lantai 1 Rektorat UMK.

 

Selain penyambutan di rektorat, kedua asesor juga disambut begitu hangatnya oleh Prodi PGSD UMK, mulai dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa pun tak ketinggalan. Sambutan yang berlangsung di lantai 1 Gedung L ini dibuka dengan karawitan yang dimainkan langsung oleh mahasiswa PGSD. Kemudian dilanjutkan dengan kunjungan sarana prasarana. Kedua asesor didampingi oleh Dekan FKIP beserta jajarannya, Kaprodi serta Ka Lab PGSD. Beberapa sarpras yang dikunjungi antara lain Perpustakaan UMK, Dekanat FKIP, Laboratorium Prodi PGSD, Unit Usaha Alat Peraga Edukatif SD, ruang kelas, dan lain-lain.

 

Setelah kunjungan sarpras, dilanjutkan konfirmasi data UPPS dengan dekan, konfirmasi data DKPS, dan wawancara. Pihak-pihak terkait yang diwawancarai yaitu Penjaminan Mutu, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni, serta stakeholder. Kemudian dilanjutkan dengan konfirmasi Laporan Evaluasi Diri (LED).

 

Di hari kedua, dilakukan praktik pembelajaran oleh salah satu Dosen PGSD yaitu Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. dengan konsentrasi mata kuliah IPS. Selanjutnya kerja mandiri asesor dan diakhiri penutupan.

 

Ketua Prodi PGSD UMK, Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan harapannya bagi Prodi. “Alhamdulillah telah terlaksana Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi PGSD UMK. Semoga semua usaha kami bisa mengantarkan Prodi PGSD UMK untuk memperoleh predikat unggul dan bisa membawa kemajuan bagi UMK tercinta, “tuturnya.