CURRICULUM VITAE
- Identitas Diri
1 |
Nama Lengkap (dengan gelar) |
Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed. |
||
2. |
Jenis Kelamin |
Laki-laki |
||
3. |
Jabatan Fungsional |
Guru Besar |
||
4. |
NIP/NIK Identitas lainnya |
19550415 198502 1 001 |
||
5 |
NIDN |
0015045505 |
||
6 |
Tempat dan Tanggal Lahir |
Yogjakarta, 15 April 1955 |
||
7 |
|
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. |
||
8 |
Nomor Telepon/HP |
(0274) 4395812/0813 282 040 99 |
||
9 |
Alamat Kantor |
FMIPA UNY Karangmalang, Yogyakarta |
||
10 |
Nomor Telepon/Fax |
(0274) 548207 |
||
11 |
Mata Kuliah yang diampu |
1. |
Filsafat IPA |
S1 |
|
|
2. |
Micro Teaching |
S1 |
|
|
3. |
Analisis & Peng. Kurikulum IPA |
S1 |
|
|
4. |
Strategi & MPI |
S1 |
|
|
5. |
Strategy & MPI (S1) |
S1 |
|
|
6. |
Analysis of Trends in Science Education |
S1 |
|
|
7. |
Science Teaching Professional Development |
S1 |
|
|
8. |
Kajian Hasil-hasil Penelitian Pend. Fisika |
S1 |
|
|
9. |
English for Science |
S1 |
|
|
10. |
Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika |
S1 |
|
|
11. |
Pengemb. Kurikulum & Pemb. Sains |
S2 |
|
|
12. |
Seminar Proposal Tesis |
S2 |
|
|
13. |
Pendidikan Sains Terpadu |
S2 |
|
|
14. |
Seminar Proposal Tesis |
S2 |
|
|
15. |
Pend. Sains Terpadu |
S2 |
|
|
16. |
Pengemb. Kurikulum & Pemb. Sains |
S2 |
|
|
17. |
Kapita Selekta Pendidikan IPA |
S2 |
|
|
18. |
Sains SD |
S2 |
|
|
19. |
Studi Mandiri Bidang IPA SD* |
S3 |
|
|
20. |
Isu dan Tren Penelitian Pendidikan IPA |
S3 |
|
|
21. |
Seminar Proposal Disertasi |
S3 |
|
|
22. |
Penulisan Karya Ilmiah |
S3 |
- Riwayat Pendidikan
Program |
S1 |
S2 |
S3 |
Nama P.T. |
IKIP Yogyakarta, FMIPA |
University of Houston College of Education, Texas, USA |
UniversitasPendidikan Indonesia Bandung |
BidangIlmu |
PendidikanFisika |
Curriculum & Instruction-in Primary Science Education |
Pendidikan IPA |
TahunMasuk |
1977 |
1994 |
2000 |
Tahun Lulus |
1984 |
1995 |
2004 |
JudulSkripsi/ Tesis/Disertasi |
StudiPerbandinganAntaraPrestasiSiswaMondokdanSiswaIkut Orang TuaSendiri di SMA Muh 2 Yogyakarta |
Basic Concept of Science A Curriculum Guide for an Indonesian Undergraduate Core Course |
Model PerkuliahanuntukMeningkatkanKemampuanMengajar IPA MahasiswaCalon Guru SekolahDasar |
Pembimbing /Promotor |
Drs. WahyuWardjana, M.Pd. |
Prof. Dr. John M. Ramsey |
Prof. Dr. H. Achmad A. Hinduan, M.Sc. |
- Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir
No |
Tahun |
Judul Penelitian |
Pendanaan |
|
Sumber |
Jumlah (Juta Rp) |
|||
1.
|
2022 |
Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery Learning Pada Perubahan Energi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains dan Literasi Digital Pada Siswa Kelas IV SD N Mejing 2 |
Ristek |
29 |
2.
|
2020 |
Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Discovery Learning dengan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi ICT dalam Pembelajaran Fisika |
Ristek Dikti |
40 |
3.
|
2020 |
Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Inkuiri dengan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Lisan dalam Pembelajaran Fisika |
Ristek Dikti |
40 |
4.
|
2020 |
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Green Science Berorientasi Mitos Jawa dalam Perspektif Sains untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains Siswa |
Ristek Dikti |
60 |
5. |
2019 |
Model Pembelajaran Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 Sekolah Dasar |
Hibah Pascasarjana |
48 |
6. |
2019 |
Pengembangan E-Module IPA Berbasis PJBL dan Inkuiri untuk Meningkatkan Life and Career Skills dan ICT Literacy |
Hibah Pascasarjana |
44 |
7. |
2019 |
Pengembangan E-Modul IPA Berbasis POE dan SETS untuk Memfasilitasi Creative Thinking dan Collaboration Skill |
Hibah Pascasarjana |
43 |
8. |
2019 |
Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Problem Solving |
Hibah Pascasarjana |
37 |
9. |
2018 |
Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Domain Sains Siswa Sd Dengan Metode Inquiry, Discovery, Pbl, Dan Pjbl |
Hibah Pascasarjana Tahap II |
150 |
10. |
2017 |
Strategi Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA Pada Mata Pelajaran Fisika Ditinjau Dari Keterlaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Otentik |
DIPA – FMIPA UNY |
10 |
11. |
2017 |
Lembar Kegiatan Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Siklus Belajar Lawson dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keingintahuan, Keterampilan Observasi, Investigasi, dan Hasil Belajar |
DIPA – FMIPA UNY |
10 |
12. |
2017 |
Rekonstruksi Bahan Ajar Kurikulum 2013 Bermuatan Nature Of Science (NOS) untuk Optimalisasi Keterampilan Berpikir dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA SMP |
DIPA – FMIPA UNY |
20 |
13. |
2017 |
Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Domain Sains Siswa SD Dengan Metode Inquiry, Discovery, PBL, dan PJBL |
Hibah Pascasarjana DIPA UNY |
150 |
- Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun |
Judul Pengabdian Kepada Masyarakat |
Pendanaan |
|
Sumber |
Nominal |
|||
1. |
2022 |
Pemanfaatan Simulasi Phet Di Smpn 4 Ngaglik |
DIPA UNY |
Rp. 4,5 Juta |
2. |
2021 |
Workshop Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM) IPA Berbasis Inkuiri dengan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis bagi Guru IPA SMP |
DIPA UNY |
Rp. 4,5 Juta |
3. |
2020 |
Workshop Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis Nature of Science (NoS) dalam Pembelajaran Online dengan Menggunakan Technology Embedded Scientific Inquiry Bagi Guru IPA SMP untuk Optimalisasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru IPA di Era Revolusi |
DIPA UNY |
Rp. 10 Juta |
4. |
2020 |
Workshop Pengembangan Conceptual Change Model Berbasis Etnosains-Etnoteknologi untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA bagi Guru IPA SMP |
DIPA UNY |
Rp. 6 Juta |
5. |
2019 |
Workshop Pengembangan Conceptual Change Model untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA bagi Guru SMP di Magelang |
DIPA UNY |
Rp. 6 Juta |
6. |
2018 |
Pengembangan Science Equipment Sederhana Sebagai Peraga Discrepant Event Untuk Menunjang Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skills |
DIPA UNY |
Rp. 6 Juta |
7. |
2017 |
Pengembangan Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis "Explicit-Reflective NOS Activity" |
DIPA UNY |
Rp. 10 Juta |
8. |
2017 |
Implementasi Kurikulum 2013: Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Berbasis Scientific Method untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills |
DIPA UNY |
Rp. 5 Juta |
9. |
2017 |
Pelatihan Pembuatan “Nata De Lerry” Untuk Memanfaatkan Limbah Air Cucian Beras |
DIPA UNY |
Rp. 5 Juta |
- Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal Dalam 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun |
Judul Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal |
Nama Jurnal |
Volume/ Nomor |
1. |
2022 |
Development and Validation of e-Books during the Post-Pandemic to Improve Attitude towards Environmental Care in Case of Indonesia
https://thesai.org/Downloads/Volume13No4/Paper_79-Development_and_Validation_of_e_Books.pdf
|
IJACSA |
Vol. 13, No. 4, 2022 |
2. |
2021 |
The Development of the HOTS Test of Physics Based on Modern Test Theory: Question Modeling through E-learning of Moodle LMS
|
International Journal of Instruction |
October 2021 Vol.14, No.4 |
3. |
2020 |
The Quality of Test Instruments Constructed by Teachers in Bima Regency, Indonesia: Document Analysis
URL: |
International Journal of Instruction |
April 2020 Vol.13, No.2 |
4. |
2019 |
The Development of an Instrument to Measure the Higher Order Thinking Skill in Physics
URL: |
European Journal of Educational Research |
|
5. |
2019 |
How to make slow learners learn science
URL: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1321/3/032092/pdf |
||
6. |
2019 |
Understanding of elementary school teachers on physical concepts
URL: |
Journal of Physics: Conference Series |
1318:012077 · October 2019 |
7. |
2019 |
Differentiated Instruction Approach On Natural Science Lesson For Slow Learners At Inclusive Primary School
URL: |
International Journal Of Scientific & Technology Research |
Volume 8, Issue 10, October 2019 |
8. |
2019 |
Development of Living Values (Honesty) Assessment Instrument in Learning Process
URL: |
International Journal of Instruction |
October 2019 Vol.12, No.4 |
9. |
2019 |
SCIENCE CONCEPT IN KEROKAN
URL: https://giapjournals.com/index.php/hssr/article/view/hssr.2019.7355/769 |
Humanities & Social Sciences Reviews eISSN: 2395 - 6518 |
Vol 7, No 3, 2019, pp 374
|
10. |
2019 |
Sains-Religion: Analysis of Learning Needs based on Religious Values in Science Learning
URL: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1233/1/012080/pdf |
Journal of Physics: Conference Series |
|
11. |
2019 |
The implementation of mentoring based learning to improve pedagogical knowledge of prospective teach
URL: |
International Journal of Instruction |
July 2019 Vol.12, No.3 |
12. |
2018 |
The Effect of Picture Storybook Based on Scientific Approach through Inquiry Method toward Student’s Inference Skill
URL: |
Journal of Turkish Science Education |
Volume 15, Special Issue, December 2018 |
13. |
2018 |
The Effectiveness of A Local Potentiality Based Learning Video About Distillation Clove Leaf Essential Oil to Improve Generic Skill
URL: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012005/pdf |
Journal of Physics: Conf. |
Series 1097 (2018) 012005 |
14. |
2018 |
Elaborating Indigenous Knowledge in the Science Curriculum for the Cultural Sustainability
URL: |
Journal of Teacher Education for Sustainability, vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018 Journal of Teacher Education for Sustainability, vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018 Journal of Teacher Education for Sustainability, vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018 Journal of Teacher Education for Sustainability, |
2018, vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88 |
15. |
2018 |
Elaborating Indigenous Science in the Science Curriculum
URL: |
The International Journal of Learner Diversity and Identities, |
2018, Volume 25, Issue 3-4, (21-34) |
16. |
2018 |
Building an indigenous learning community through lesson study: challenges of secondary school science teachers
URL: https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500693.2018.1548789?journalCode=tsed20 |
INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION |
https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1548789 |
17. |
2017 |
The Beliefs towards Science Teaching Orientation of Pre-service Teachers in Primary Teacher Education Programme
URL: |
Pertanika Journals Social Sciences & Humanities, |
2017, 25 (S): 169 – 186) |
18. |
2017 |
The development rubrics skill argued as alternative assessment floating and sinking materials.
URL: http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/909/1/012057/pdf |
(2017) |
|
19. |
2017 |
The Development of Science Domain Based Learning Tool Which is Integrated with Local Wisdom to Improve Science Process Skill and Scientific Attitude
URL: https://media.neliti.com/media/publications/120079-EN-the-development-of-science-domain-based.pdf |
Jurnal Pendidikan IPA Indonesia |
Vol 6, No 1 (2017)
|
20. |
2017 |
Level of Skill Argued Students on Physics MaterialURL: http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/895/1/012043/pdf
|
International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) |
Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012043 |
- Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir
No |
Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar |
Judul Artikel Ilmiah |
Waktu dan Tempat |
1. |
Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Muria Kudus (Narasumber) |
Implementasi Merdeka Belajar Dalam Membangun Karakter Anak Pasca Pandemi Di Era Society 5.0 |
18 Agustus 2022 @Hom Hotel Kudus |
2. |
Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Darmas Indonesia, Sumatra Barat (Narasumber) |
Inovasi Pendidikan Berbasis Kompetensi Abad 21 di Era Digital |
24 Februari 2021 FKIP Universitas Darmas Indonesia |
3. |
Webinar Nasional Prodi PGMI Fakultas ITK IAIN Ambon (Narasumber) |
Penguatan SDM dalam Pembelajaran IPA Masa Pandemi |
23 Desember 2020 IAIN Ambon
|
4. |
Seminar Nasional Pendidikan Guru SD (Narasumber) |
Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik dalam Era Super Smart Society |
21 Maret 2020 UM Purworejo |
5. |
Seminar Nasional (Fisika Festival UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) (Narasumber) |
Aplikasi Fisika dan Komputasi dalam Revolusi Industri 4.0 untuk Indonesia Emas |
7 November 2019 UIN SuKA Yogyakarta |
6. |
Seminar Nasional Fisika III (Narasumber) |
Pengembangan Keterampilan Abad -21 Melalui Pendidikan dan Penelitian Fisika |
16 Desember 2017 UPI Bandung |
7. |
Seminar Nasional Inovasi Pendidikan PGSD Kebumen (Narasumber) |
Pembelajaran dan Kompetensi Pendidik Abad-21
|
21 Oktober 2017 UNS |
8. |
Seminar Nasional Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Narasumber) |
Inovasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dan Potensi Lahan Basah untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia |
7 Oktober 2017 HBI Banjarmasin |
9. |
Seminar Nasional (diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam UM Ponorogo)( |
Kurikulum-Pembelajaran, Adab dan Pendidikan Islam
|
19 Maret 2017 UM Ponorogo |
10. |
Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2016 (Pemerintah kota Jayapura dengan Program Magister Manajemen Pendidikan UNCEN) (Narasumber) |
KesiapandanPeranPemangkuKepentinganPendidikan Kota Jayapura di Tengah-Tengan MEA |
18-19 Maret 2016, LPMP Propinsi Papua |
- Karya Buku 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun |
Judul Buku |
Jumlah Halaman |
Penerbit |
1. |
2021 |
Draft: Aplikasi Sains SD (Learning Basic Science Fun) |
153 |
UNY Press |
2. |
2018 |
Pranata Mangsa dalam Tinjauan Sains |
128 |
Calina Media |
3. |
2017 |
Implementasi Scientific Approach Melalui PBL dan PJBL dalam Cerita Bergambar |
93 |
UNY Press |
4. |
2017 |
Implementasi Scientific Approach Melalui Inquiry dan Discovery dalam Cerita Bergambar |
90 |
UNY Press |
- Perolehan HAKI dalam 5 Tahun Terakhir
No |
Judul/Tema HAKI |
Tahun |
Jenis |
Nomer P/ID |
1. |
Model Pembelajaran Fisika Berbasis Potensi Lokal dan Pedoman Penggunaannya: Upaya Mencapai Keterampilan Berpikir Reatif Dan Living Values |
2019 |
Buku |
000162789 |
2. |
Pengembangan Instrumen Penilaian Pedagogical Knowledge Calon Guru Biologi Berbasis Mentoring |
2019 |
Poster |
000132918 |
3. |
Panas dan Perpindahannya |
2018 |
Buku |
000129243 |
4. |
Buku Cerita Bergambar Menelusuri Energi dan Perubahannya |
2017 |
Buku |
090434 |
5. |
Buku Cerita Bergambar Daerah Tempat Tinggalku : Hore Aku Tahu! |
2017 |
Buku |
090437 |
6. |
Buku Cerita Bergambar Organ Tubuh Manusia Dan Hewan: Hore Aku Tahu! |
2017 |
Buku |
090440 |
7. |
Buku Cerita Bergambar Air Bumi Dan Matahari: Hore Aku Tahu! |
2017 |
Buku |
090441 |
Yogyakarta, Mei 2022
Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.
NIP.19550415 198502