Bio Prof Zuhdan

 

CURRICULUM VITAE

 

  1. Identitas Diri

 

1

Nama Lengkap (dengan gelar)

Prof. Dr. Zuhdan K. Prasetyo, M.Ed.

2.

Jenis Kelamin

Laki-laki

3.

Jabatan Fungsional

Guru Besar

4.

NIP/NIK Identitas lainnya

19550415 198502 1 001

5

NIDN

0015045505

6

Tempat dan Tanggal Lahir

Yogjakarta, 15 April 1955

7

E-mail

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

8

Nomor Telepon/HP

(0274) 4395812/0813 282 040 99

9

Alamat Kantor

FMIPA UNY Karangmalang, Yogyakarta

10

Nomor Telepon/Fax

(0274) 548207

11

Mata Kuliah yang diampu

1.

Filsafat IPA

S1

 

 

2.

Micro Teaching

S1

 

 

3.

Analisis & Peng. Kurikulum IPA

S1

 

 

4.

Strategi & MPI

S1

 

 

5.

Strategy & MPI (S1)

S1

 

 

6.

Analysis of Trends in Science Education

S1

 

 

7.

Science Teaching  Professional Development

S1

 

 

8.

Kajian Hasil-hasil Penelitian Pend. Fisika

S1

 

 

9.

English for Science

S1

 

 

10.

Metodologi Penelitian Pendidikan Fisika

S1

 

 

11.

Pengemb. Kurikulum & Pemb. Sains

S2

 

 

12.

Seminar Proposal Tesis

S2

 

 

13.

Pendidikan Sains Terpadu

S2

 

 

14.

Seminar Proposal Tesis

S2

 

 

15.

Pend. Sains Terpadu

S2

 

 

16.

Pengemb. Kurikulum & Pemb. Sains

S2

 

 

17.

Kapita Selekta Pendidikan IPA

S2

 

 

18.

Sains SD

S2

 

 

19.

Studi Mandiri Bidang IPA SD*

S3

 

 

20.

Isu dan Tren Penelitian Pendidikan IPA

S3

 

 

21.

Seminar Proposal Disertasi

S3

 

 

22.

Penulisan Karya Ilmiah

S3

 


 

  1. Riwayat Pendidikan

Program

S1

S2

S3

Nama P.T.

IKIP Yogyakarta, FMIPA

University of Houston College of Education, Texas, USA

UniversitasPendidikan Indonesia Bandung

BidangIlmu

PendidikanFisika

Curriculum & Instruction-in Primary Science Education

Pendidikan IPA

TahunMasuk

1977

1994

2000

Tahun Lulus

1984

1995

2004

JudulSkripsi/ Tesis/Disertasi

StudiPerbandinganAntaraPrestasiSiswaMondokdanSiswaIkut Orang TuaSendiri di SMA Muh 2 Yogyakarta

Basic Concept of Science A Curriculum Guide for an Indonesian Undergraduate Core Course

Model PerkuliahanuntukMeningkatkanKemampuanMengajar IPA MahasiswaCalon Guru SekolahDasar

Pembimbing /Promotor

Drs. WahyuWardjana, M.Pd.

Prof. Dr. John M. Ramsey

Prof. Dr. H. Achmad A. Hinduan, M.Sc.

 

  1. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun Terakhir

No

Tahun

Judul Penelitian

Pendanaan

Sumber

Jumlah (Juta Rp)

1.

 

2022

Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Model Discovery Learning Pada Perubahan Energi Untuk Meningkatkan Keterampilan Dasar Proses Sains dan Literasi Digital Pada Siswa Kelas IV SD N Mejing 2

Ristek

29

2.

 

2020

Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Discovery Learning dengan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi ICT dalam Pembelajaran Fisika

Ristek Dikti

40

3.

 

2020

Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Inkuiri dengan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Lisan dalam Pembelajaran Fisika

Ristek Dikti

40

4.

 

2020

Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Pembelajaran Green Science Berorientasi Mitos Jawa dalam Perspektif Sains untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains Siswa

Ristek Dikti

60

5.

2019

Model Pembelajaran Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara dalam Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 Sekolah Dasar

Hibah Pascasarjana

48

6.

2019

Pengembangan E-Module  IPA Berbasis PJBL  dan Inkuiri untuk Meningkatkan Life and Career Skills dan ICT Literacy

Hibah Pascasarjana

44

7.

2019

Pengembangan E-Modul IPA Berbasis POE dan SETS untuk Memfasilitasi Creative Thinking dan Collaboration Skill

Hibah Pascasarjana

43

8.

2019

Pengembangan Modul Elektronik IPA Berbasis Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Problem Solving

Hibah Pascasarjana

37

9.

2018

Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Domain Sains Siswa Sd Dengan Metode Inquiry, Discovery, Pbl, Dan Pjbl

Hibah Pascasarjana Tahap II

150

10.

2017

Strategi Implementasi Kurikulum 2013 SMA/MA Pada Mata Pelajaran Fisika Ditinjau Dari Keterlaksanaan Pembelajaran dan Evaluasi Otentik

DIPA – FMIPA UNY

10

11.

2017

Lembar Kegiatan Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Siklus Belajar Lawson dalam Kurikulum 2013 untuk Mengembangkan Keingintahuan, Keterampilan Observasi, Investigasi, dan Hasil Belajar

DIPA – FMIPA UNY

10

12.

2017

Rekonstruksi Bahan Ajar Kurikulum 2013  Bermuatan Nature Of Science (NOS) untuk Optimalisasi  Keterampilan Berpikir dan Sikap Ilmiah Peserta Didik  Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter  dalam Pembelajaran IPA SMP

DIPA – FMIPA UNY

20

13.

2017

Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach Untuk Meningkatkan Domain Sains Siswa SD Dengan Metode Inquiry, Discovery, PBL, dan PJBL

Hibah Pascasarjana DIPA UNY

150

 

 

  1. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Tahun

Judul Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendanaan

Sumber

Nominal

1.

2022

Pemanfaatan Simulasi Phet Di Smpn 4 Ngaglik

DIPA UNY

Rp. 4,5 Juta

2.

2021

Workshop Pengembangan Multimedia Learning Module (MLM) IPA Berbasis Inkuiri dengan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis bagi Guru IPA  SMP

DIPA UNY

Rp. 4,5 Juta

3.

2020

Workshop Inovasi Pembelajaran IPA Berbasis Nature of Science (NoS) dalam Pembelajaran Online dengan Menggunakan Technology Embedded Scientific Inquiry Bagi Guru IPA SMP untuk Optimalisasi Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru IPA di Era Revolusi

DIPA UNY

Rp. 10 Juta

4.

2020

Workshop Pengembangan Conceptual Change Model Berbasis Etnosains-Etnoteknologi untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA bagi Guru IPA SMP

DIPA UNY

Rp. 6 Juta

5.

2019

Workshop Pengembangan Conceptual Change Model untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA bagi Guru SMP di Magelang

DIPA UNY

Rp. 6 Juta

6.

2018

Pengembangan Science Equipment Sederhana Sebagai Peraga Discrepant Event Untuk Menunjang Pembelajaran IPA Berbasis High Order Thinking Skills

DIPA UNY

Rp. 6 Juta

7.

2017

Pengembangan Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Bahan Ajar Berbasis "Explicit-Reflective NOS Activity"

DIPA UNY

Rp. 10 Juta

8.

2017

Implementasi Kurikulum 2013: Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Berbasis Scientific Method untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills

DIPA UNY

Rp. 5 Juta

9.

2017

Pelatihan Pembuatan “Nata De Lerry” Untuk Memanfaatkan Limbah Air Cucian Beras

DIPA UNY

Rp. 5 Juta

 

  1. Publikasi Artikel Ilmiah Dalam Jurnal Dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Tahun

Judul Penulisan Artikel Ilmiah dalam Jurnal

Nama Jurnal

Volume/ Nomor

1.

2022

Development and Validation of e-Books during the Post-Pandemic to Improve Attitude towards Environmental Care in Case of Indonesia

 

https://thesai.org/Downloads/Volume13No4/Paper_79-Development_and_Validation_of_e_Books.pdf

 

IJACSA

Vol. 13, No. 4, 2022

2.

2021

The Development of the HOTS Test of Physics Based on Modern Test Theory: Question Modeling through E-learning of Moodle LMS

 

https://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2021_4_4.pdf

International Journal of Instruction

October 2021

Vol.14, No.4

3.

2020

The Quality of Test Instruments Constructed by Teachers in Bima Regency, Indonesia: Document Analysis

 

URL:

https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1249082.pdf

International Journal of Instruction

April 2020 Vol.13, No.2

4.

2019

The Development of an Instrument to Measure the Higher Order Thinking Skill in Physics

 

URL:

https://www.eu-jer.com/EU-JER_8_3_743.pdf

European Journal of Educational Research

Volume 8 Issue 3 (July 2019), Pages: 743-751

5.

2019

How to make slow learners learn science

 

URL:

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1321/3/032092/pdf

Journal of Physics: Conference Series

Volume 1321Section 3

6.

2019

Understanding of elementary school teachers on physical

concepts

 

URL:

https://www.researchgate.net/publication/336919441_Understanding_of_elementary_school_teachers_on_physical_concepts

Journal of Physics: Conference Series

1318:012077 · October 2019

7.

2019

 Differentiated Instruction Approach On Natural Science Lesson For Slow Learners At Inclusive Primary School

 

URL:

http://www.ijstr.org/final-print/oct2019/Differentiated-Instruction-Approach-On-Natural-Science-Lesson-For-Slow-Learners-At-Inclusive-Primary-School.pdf

International Journal Of Scientific & Technology Research

Volume 8, Issue 10, October 2019

8.

2019

 Development of Living Values (Honesty) Assessment Instrument in Learning Process

 

URL:

http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2019_4_29.pdf

International Journal of Instruction

 October 2019  Vol.12, No.4

9.

2019

SCIENCE CONCEPT IN KEROKAN

 

URL:

https://giapjournals.com/index.php/hssr/article/view/hssr.2019.7355/769

Humanities & Social Sciences

Reviews

eISSN: 2395

-

6518

Vol

7, No 3, 2019, pp

374

 

10.

2019

Sains-Religion: Analysis of Learning Needs based on Religious Values in Science Learning

 

URL:

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1233/1/012080/pdf

Journal of Physics: Conference Series

Volume 1233, conference 1

11.

2019

The implementation of mentoring based learning to improve pedagogical knowledge of prospective teach

 

URL:

http://www.e-iji.net/dosyalar/iji_2019_3_32.pdf

International Journal of Instruction

 July 2019  Vol.12, No.3

12.

2018

The Effect of Picture Storybook Based on Scientific Approach through Inquiry Method toward Student’s Inference Skill

 

URL:

http://www.tused.org/internet/tused/archive/v15/spi/03.pdf

Journal of Turkish Science Education

Volume 15, Special Issue, December 2018

13.

2018

The Effectiveness of A Local Potentiality Based Learning Video About Distillation Clove Leaf Essential Oil to Improve Generic Skill

 

URL:

https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1097/1/012005/pdf

Journal of Physics: Conf.

Series 1097 (2018) 012005

14.

2018

Elaborating Indigenous Knowledge in the Science Curriculum for the Cultural Sustainability

 

URL:

https://www.researchgate.net/publication/331300810_Elaborating_Indigenous_Knowledge_in_the_Science_Curriculum_for_the_Cultural_Sustainability

Journal of Teacher Education for Sustainability,

vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018

Journal of Teacher Education for Sustainability,

vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018

Journal of Teacher Education for Sustainability,

vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88, 2018

Journal of Teacher Education for Sustainability,

2018, vol. 20, no. 2, pp. 74ñ88

15.

2018

Elaborating Indigenous Science in the Science Curriculum

 

URL:

https://www.researchgate.net/publication/328794293_Elaborating_Indigenous_Science_in_the_Science_Curriculum

 

The International Journal of Learner Diversity and Identities,

2018, Volume 25, Issue 3-4, (21-34)

16.

2018

Building an indigenous learning community through lesson study: challenges of secondary school science teachers

 

URL:

https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500693.2018.1548789?journalCode=tsed20

 

INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION

https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1548789

17.

2017

The Beliefs towards Science Teaching Orientation of Pre-service Teachers in Primary Teacher Education Programme

 

URL:

http://www.pertanika.upm.edu.my/Pertanika%20PAPERS/JSSH%20Vol.%2025%20(S)%20Sep.%202017/13%20JSSH(S)-0516-2017-4thProof.pdf

Pertanika Journals Social Sciences & Humanities,

2017, 25 (S): 169 – 186)

18.

2017

The development rubrics skill argued as alternative assessment floating and sinking materials.

 

URL:

http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/909/1/012057/pdf

Journal of Physics: Conference Series

Vol. 909conference 1

(2017)

19.

2017

The Development of Science Domain Based Learning Tool Which is Integrated with Local Wisdom to Improve Science Process Skill and Scientific Attitude

 

URL:

https://media.neliti.com/media/publications/120079-EN-the-development-of-science-domain-based.pdf

Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

Vol 6, No 1 (2017)

 

20.

2017

Level of Skill Argued Students on Physics Material

URL:

http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/895/1/012043/pdf

 

International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE)

Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012043

 

  1. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir

No

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan

Tempat

1.

Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Muria Kudus

(Narasumber)

Implementasi Merdeka Belajar Dalam Membangun Karakter Anak Pasca Pandemi Di Era Society 5.0

18 Agustus 2022

@Hom Hotel Kudus

2.

Seminar Nasional Pendidikan, FKIP Universitas Darmas Indonesia, Sumatra Barat

(Narasumber)

Inovasi Pendidikan Berbasis Kompetensi Abad 21 di Era Digital

24 Februari 2021

FKIP Universitas Darmas Indonesia

3.

Webinar Nasional Prodi PGMI Fakultas ITK IAIN Ambon

(Narasumber)

Penguatan SDM dalam Pembelajaran IPA Masa Pandemi

23 Desember 2020

IAIN Ambon

 

4.

Seminar Nasional Pendidikan Guru SD

(Narasumber)

Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik dalam Era Super Smart Society

21 Maret 2020

UM Purworejo

5.

Seminar Nasional (Fisika Festival UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

(Narasumber)

Aplikasi Fisika dan Komputasi dalam Revolusi Industri 4.0 untuk Indonesia Emas

7 November 2019

UIN SuKA Yogyakarta

6.

Seminar Nasional Fisika III

(Narasumber)

Pengembangan Keterampilan Abad -21 Melalui Pendidikan dan Penelitian Fisika

16 Desember 2017

UPI Bandung

7.

Seminar Nasional Inovasi Pendidikan PGSD Kebumen

(Narasumber)

Pembelajaran dan Kompetensi Pendidik Abad-21

 

21 Oktober 2017

UNS

8.

Seminar Nasional Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin

(Narasumber)

Inovasi Pembelajaran Berbasis Inkuiri dan Potensi Lahan Basah untuk Peningkatan Sumber Daya Manusia

7 Oktober 2017

HBI Banjarmasin

9.

Seminar Nasional (diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Magister Pendidikan Agama Islam UM Ponorogo)(

Kurikulum-Pembelajaran, Adab dan Pendidikan Islam

 

19 Maret 2017

UM Ponorogo

10.

Seminar Nasional Pendidikan Tahun 2016 (Pemerintah kota Jayapura dengan Program Magister Manajemen Pendidikan UNCEN)

(Narasumber)

KesiapandanPeranPemangkuKepentinganPendidikan Kota Jayapura di Tengah-Tengan MEA

18-19 Maret 2016,

 LPMP Propinsi Papua

 

 

 

 

  1. Karya Buku 5 Tahun Terakhir

No.

Tahun

Judul Buku

Jumlah Halaman

Penerbit

1.

2021

Draft: Aplikasi Sains SD (Learning Basic Science Fun)

153

UNY Press

2.

2018

Pranata Mangsa dalam Tinjauan Sains

128

Calina Media

3.

2017

Implementasi Scientific Approach Melalui PBL dan PJBL dalam Cerita Bergambar

93

UNY Press

4.

2017

Implementasi Scientific Approach Melalui Inquiry dan Discovery dalam Cerita Bergambar

90

UNY Press

 

  1. Perolehan HAKI dalam 5 Tahun Terakhir

No

Judul/Tema HAKI

Tahun

Jenis

Nomer P/ID

1.

Model Pembelajaran Fisika Berbasis Potensi Lokal dan Pedoman Penggunaannya: Upaya Mencapai Keterampilan Berpikir Reatif Dan Living Values

2019

Buku

000162789

2.

Pengembangan Instrumen Penilaian Pedagogical Knowledge Calon Guru Biologi Berbasis Mentoring

2019

Poster

000132918

3.

Panas dan Perpindahannya

2018

Buku

000129243

4.

Buku Cerita Bergambar Menelusuri Energi dan Perubahannya

2017

Buku

090434

5.

Buku Cerita Bergambar Daerah Tempat Tinggalku : Hore Aku Tahu!

2017

Buku

090437

6.

Buku Cerita Bergambar Organ Tubuh Manusia Dan Hewan: Hore Aku Tahu!

2017

Buku

090440

7.

Buku Cerita Bergambar Air Bumi Dan Matahari: Hore Aku Tahu!

2017

Buku

090441

 

 

 

 

 

Yogyakarta,  Mei 2022

 

 

 

 

Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.

NIP.19550415 198502