Pentingnya Menanamkan Pendidikan Karakter, PGSD UMK Selenggarakan Kuliah Umum

Pentingnya Menanamkan Pendidikan Karakter, PGSD UMK Selenggarakan Kuliah Umum

Rabu (15/6) Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan Sekolah Dasar”. Kuliah umum ini diselenggarakan secara daring dengan narasumber Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc. dari Universitas Negeri Semarang dan dimoderatori oleh salah satu dosen PGSD UMK yaitu Santoso, M.Pd. Kuliah Umum pada kesempatan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa PGSD UMK utamanya mahasiswa semester 2.

Dalam penyampaian materi, Prof. Dr. Maman Rachman, M.Sc. menjelaskan bahwa pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui pembiasaan tentang yang baik sehingga paham, merasakan, dan melakukan yang baik melalui pembelajaran, mempraktikan, pengulangan, menanamkan kesabaran menjadi kebiasaan. Selanjutnya dirinya menerangkan bahwa rumah adalah the guardian of etics. Keluarga adalah tempat penyemaian etika paling baik. Ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya (madrasatul 'ula).

Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar, kegiatan/kehidupan keseharian di sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan keseharian di rumah dan masyarakat. Lebih mendalam lagi dirinya menyampaikan penerapan pendidikan karakter menurut Lickona dapat dilakukan dengan 3 tahapan yakni moral knowing (memahamkan dengan baik arti kebaikan, mengapa harus berperilaku baik, untuk apa berperilaku baik, dan apa manfaat berperilaku baik), moral feeling (membangun kecintaan berperilaku baik menjadi sumber energi untuk berperilaku baik), dan moral action (membuat pengetahuan moral menjadi tindakan nyata yang harus dilakukan berulang-ulang agar menjadi moral behavior). “Dengan tiga tahapan tersebut, pembentukan karakter akan jauh dari kesan dan praktik doktrinasi yang menekan, siswa akan mencintai berbuat baik karena dorongan internal dari dalam dirinya sendiri”, pungkasnya.