Seminar Nasional PGSD UMK
18 Agustus 2022

“IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK PASCA PANDEMI DI ERA SOCIETY 5.0”
Program Merdeka Belajar menjadi kebijakan transformatif yang membawa perubahan bagi guru maupun siswa. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar mendukung adanya program tersebut dengan menghadirkan Seminar Nasional dengan Tema “Implementasi Merdeka Belajar Dalam Membangun Karakter Anak Pasca Pandemi Di Era Society 5.0”. Seminar ini mewadahi para pendidik, calon pendidik maupun praktisi dalam mengembangkan ilmunya yang berkaitan dalam bidang pembelajaran efektif di era super smart society 5.0 dan Merdeka Belajar untuk mengoptimalkan hasil pembelajaran pada siswa.

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL   ……………………………………………………………  i

HALAMAN VERSO …………………………………………………………….  ii

SAMBUTAN KETUA PANITIA ………………………………………………  iii

DAFTAR ISI …………………………………………………………………….  iv

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-COMICS DALAM PEMBELAJARAN PPKN BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI PENGUAT LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh: Achmad Noor Fitri1 ……………………………………………………………….      1

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKn BERBASIS SAINTIFIK TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Oleh: Dina Rosyada1 ………………………………………………………………      5

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS KEARIFAN LOKAL KUDUS UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD
Oleh: Farida Hikmawati1, Santoso2, Khamdun3 …………………………………………   10

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V SD
Oleh: Firdaus Muttaqin1 ………………………………………………………….   15

METODE ROLE PLAYING UNTUK REKULTURISASI NILAI KARAKTER KEJUJURAN DALAM PEMBELAJARAN PPKn DI SEKOLAH DASAR
Oleh: Heni Suci Lestari1 …………………………………………………………………                    22

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD
Oleh: Lina Risti Susanti1 …………………………………………………………………                   28

ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD 2 KLEPU
Oleh: Muhammad Zulfikar Amiruddin1 ……………………………………………... 35

PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF PPKn BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD 4 GONDOSARI KUDUS
Oleh: Nika Triana1……………………………………………………………………….                    42

PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL KELORA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS IV SD
Oleh: Nurul Hidayah1 …………………………………………………………………….                   50

PENGEMBANGAN MEDIA GAME EDUKATIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI KELAS V SD
Oleh: Rani Susanti1 ………………………………………………………………………                   57

IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI TOLERANSI DAN KERAGAMAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Oleh: Rina Rochiana1 ……………………………………………………………………                    63

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PPKN DI SD BERBASIS BUDAYA LOKAL SEBAGAI PENGUAT LITERASI SISWA
Oleh: Syarifah Afsantin1 …………………………………………………………………                    71

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “KUTA AJI” BERBASIS LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN
Oleh: Tri Widiastuti1 …………………………………………………………………….                    80

IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI SOLUSI DISINFORMASI
Oleh: Dina Rosyada1, Umi Nur Hidayah2 ……………………………………………….    86

ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN KECEMASAN PADA TIPE MOOD SISWA SEKOLAH DASAR
Oleh: Vany Diah Puspita Sari1, Irfai Fathurohman2, dan Sumaji3 ………………………   95

NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PERMAINAN TRADISIONAL BENTENGAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR
Oleh: Meyrna Putri Nur Harsati1, Sri Utaminingsih2, dan Siti Masfuah3 ……………….                 102

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GUGUS JOYO KUSUMA
Oleh: Niken Ayu Kartika Sari1, Suad2, Lovika Ardana Riswari3 ……………………….                   109

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY (CRH) BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS IV SD 1 BAKALAN KRAPYAK
Oleh: Yesika Alfiani1, Nur Fajrie2 , Erik Aditia Ismaya3 ………………………………... 115

PEMBELAJARAN BERBASIS RISET DI MADRASAH
Oleh: Haryati1, Dewi Astuti2, Ratna Sari Dewi3, Niken Pratiwi4 ……………………….                  122

BENTUK PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERMAINAN GOBAK SODOR
Oleh: Widdiya Mar’atul Failah1, Ristiyani2, dan M. Syafruddin Kuryanto3 ……………  128

ANALISIS KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 MARGOREJO
Oleh: Veni Ratna Indah Sari1, F. Shoufika Hilyana2, dan Siti Masfuah3 ……………….                  134

PERILAKU SOSIAL NEGATIF SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK KELAS IV SD
Oleh: Maela Shovia Nida1, M. Kanzunnudin2, Lovika Ardana Riswari3 ………………...                 142

RELEVANSI STUDI KRITIS PENDIDIKAN KARAKTER KI HAJAR DEWANTORO DENGAN PENDIDIKAN ISLAM PASCA PANDEMI
Oleh: Ahmad Bakhruddin1, Kurnia Ully Wardani2 ………………………………………                 152

POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK KELAS V SEKOLAH DASAR
Oleh: Ayu Rukmini1, Masturi2, dan Ika Ari Pratiwi3 .........................................................                  158

PERBEDAAN KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS ANTARA PEMANFAATAN MODUL “AKSI SEKOLAH” DANGAN BAHAN AJAR KONVENSIONAL
Oleh: Putri Rizki Utami1, Much Arsyad Fardani2, Lintang Kironoratri3 .........................                  170

ANALISIS LITERATUR REVIEW : MODUL PEMBELAJARAN DENGAN AR (AUGMENTED REALITY) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR PASCA PANDEMI COVID-19
Oleh: Fitriyah Amaliyah1 ..................................................................................................                  176

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN POKOK DI KELAS IV SD NEGERI PRAWOTO 02
Oleh: Rani Setiawaty1, Uzlifatun Ni’mah2, Nur Arifiyah Ningrum3, Rafsanjani Shinta Dewi4 .............................................................................................................................................                  182

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA CONGKLAK BERBANTUAN KARTU SOAL
Oleh: Lintang Kironoratri1, Yuli Fani Mayang Sari2 .............................................                 190


VIEW FULL PAPER PROSIDING SEMNAS 2022

Speakers
Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Pd.
(Universitas Negeri Yogyakarta)
K.H. Dr. Ahmad Faiz, L.C., M.A.
(Pondok Tahfidz Yanbu’ul Quran, Kudus)
Imaniar Purbasari, M.Pd.
(Universitas Muria Kudus)
Sub-Tema
1
Pembelajaran Anti Bullying
2
Kurikulum dan Perangkat Pembelajaran
3
Inovasi Bahan Ajar / Media Pembelajaran
4
Pembelajaran Inklusi
5
Pendidikan Karakter
6
Pembelajaran Literasi & Numerasi

Artikel terpilih akan dipublikasikan pada jurnal: Refleksi Edukatika (Sinta 3), Prakarsa Pedagogia (Sinta 5), WASIS (ISSN), dan Jurnal Prasasti Ilmu (ISSN).

*Publikasi dikenakan biaya tambahan sesuai dengan kebijakan masing-masing jurnal

Tanggal Penting
Pembayaran
Nama Bank : Bank BNI
Nomor Rekening : 0418973512
Nama Rekening : F. Shoufika Hilyana
Konfirmasi Pembayaran : 6285740209185
Biaya
Peserta Pemakalah
Mahasiswa S1 IDR 185.022,- IDR 300.022,-
Umum / Mahasiswa S2 IDR 250.022,- IDR 375.022,-
Lokasi
@HOM Hotel by Horison
Jl. Tanjung No.14-16, Nganguk, Kramat, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59312
0291-4258999